LATAR BELAKANG
Proses pembelajaran adalah proses yang didalamnya terdapat kegiatan interaksi antara pendidik dengan peserta didik dan komnikasi timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan belajar (Rustaman, 2001:461). Pendidikan di sekolah merupakan suatu proses pembelajaran yang tidak terlepas dari adanya interaksi antara pendidik dengan peserta didik. Berhasilnya suatu proses pembelajaran dipengaruhi oleh beberapa komponen yang saling terkait, beberapa diantaranya adalah interaksi antara pendidik dan peserta didik dan juga interaksi antara peserta didik dengan lingkungannya (Rooijakers : 1991:114).
Prestasi pembelajaran matematika di dalam prosesnya dikatakan berhasil jika dipenuhi tiga aspek yaitu: kognitif, afektif dan psikomotor. Sebaliknya, dikatakan prestasi kurang memuaskan jika peserta didik belum mampu memenuhi target dalam tiga kriteria tersebut(Slameto: 2013:54). Oleh karena itu, semakin besar peserta didik memahami dan menguasai materi maka keberhasilan dalam pembelajaran semakin besar. Namun nyatanya di sekolah-sekolah hasil pembelajaran matematika tergolong rendah.

Hasil dari proses pembelajaran akan menjadi tolak ukur baik atau tidaknya seorang pendidik dan peserta didik dalam menjalankan proses pembelajaran. Apabila proses pembelajaran berpusat kepada pendidik maka penyampaian materi maupun penyajiannya sepenuhnya berada pada pendidik sedangkan peserta didik hanya menerima materi dari apa yang pendidik sampaikan menyebabkan siswa menjadi pasif sehingga mengakibatkan kurangnya motivasi siswa dalam pembelajaran. Hal ini diperkuat dengan penelitian yang dilakukan sebelumnya oleh Lestari Ningsih dan Bambang Soerjono yang membandingkan metode konvensional dengan metode lainnya yang mana metode konvensional dapat menyebabkan siswa menjadi pasif sehingga tidak berhasilnya proses pembelajaran.
Menurut penelitian oleh peneliti sebelumnya yang menyebabkan hasil pembelajaran matematika di sekekolah tergolong rendah dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya matematika merupakan materi ajar yang sulit, tidak menarik dan membosankan, kurangnya kecakapan pendidik dalam menyampaikan, adanya perbedaan kemampuan awal pendidik, strategi yang digunakan oleh pendidik kurang bervariatif, tidak berhasilnya pembelajaran matematika di sekolah juga dikarenakan proses pembelajaran berpusat pada pendidik, pendidik kurang melibatkan peserta didik dalam pembelajaran, peserta didik hanya menyimak, mencatat dan memahami apa yang peserta didik sampaikan sehingga menyebabkan peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran (pasif).

We Will Write a Custom Essay Specifically
For You For Only $13.90/page!


order now

Dari permasalahan di atas, upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi rendahnya hasil proses pembelajaran peserta didik yaitu diharapkan pendidik menggunakan strategi yang lebih melibatkan peserta didik untuk aktif berpartisipasi dan tidak condong satu arah dalam menyampaikan materi. Pendidik juga diharapkan mampu memberikan konsep materi yang menarik dan melibatkan peserta didik aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran, sehingga jalannya suatu proses pembelajaran tidak condong pada satu arah dan diharapkan dapat meningkatkan keaktifan serta motivasi belajar peserta didik.

x

Hi!
I'm Piter!

Would you like to get a custom essay? How about receiving a customized one?

Check it out